Artikel, Trick & Tips, Tutorial, Download: Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo


Sering kita temui remaja yang suka galau dan gak PeDe gara-gara komedo yang muncul dimukanya. Semua remaja pasti ingin terlihat cantik dan sempurna di depan semua orang. Tapi, ketika muncul komedo pasti semua remaja tidak ada yang menginginkannya. Komedo memang bukan penyakit berbahaya yang akan menyebabkan kematian, tapi komedo bisa mematikan rasa percaya diri seorang remaja. Dibawah ini terdapat dua jenis komedo:
*    Yang pertama, whitehead (komedo tertutup), komedo jenis ini berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan-benjolan kecil dibawah kulit.
*    Yang kedua, blackhead (komedo terbuka), komedo jenis ini berwarna kehitam-hitaman yang disebabakan oleh oksidasi udara, tampak seperti pori-pori yang menghitam dan membesar.
Berikut hal-hal yang dapat menimbulkan komedo pada wajah:
1.     Kurangnya kebersihan wajah.
Komedo akan sering muncul pada kulit wajah yang berminyak. Oleh karena itu rajin-rajinlah mencuci wajah anda dengan menggunakan sabun yang dapat mengurangi minyak pada wajah dan tentunya yang cocok dengan jenis kulit wajah anda.
2.     Kurangnya gaya hidup sehat.
Hidup sehat pun dapat mengurangi munculnya komedo pada wajah. Maka jaga selalu kesehatan anda!! Makan makanan yang bergizi dan beristirahatlah yang cukup. Karena jika kondisi tubuh menurun, kuma-kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh.
3.     Jarang melakukan facial.
Facial berguna untuk menjaga kesehatan dan kesegaran wajah kita. Maka, lakukanlah facial secara rutin.
Dan berikut terdapat cara-cara menghilangkan komedo:
1.     Berikan uap di wajah anda, kurang lebih seminggu sekali. Caranya, letakkan sebuah mangkuk yang berisi air panas yang sudah mendidih dibawah wajah anda, biarkan uap air panas itu menyentuh kulit wajah anda. Agar lebih maksimal, tutup kepala anda dengan menggunakan handuk. Setelah itu, gunakan madu untuk melakukan scrubbing. Cara seperti ini bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan melembutkan kulit wajah anda.
2.     Kurangi, apabila perlu hindari saja penggunaan kosmetik yang berbentuk krim yang menyebabkan timbulnya komedo di wajah anda.
3.     Pengelupasan kulit mati, untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang membantu menghilangkan kulit mati yang menimbun pada pori-pori kulit penyebab timbulnya komedo dan jerawat.
4.     Buatlah masker pembasmi komedo. Caranya, campurkan air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Lalu oleskan pada wajah anda, diamkan selama beberapa menit. Hal ini akan membantu menghilangkan komedo dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat pada wajah.
5.     Lembabkan wajah anda, dengan cara menempelkan kain basah hangat setiap malam selama 15 menit. Hal ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan partikel lainnya yang menyumbat pori-pori kulit. Jangan lupa!!! Setelah handuk digunakan, rebus handuk untuk membunuh kuman dan bakteri.
6.     Hangatkan sedikit madu. Lalu oleskan madu tersebut di bagian wajah yang berkomedo, setelah 10 menit cuci wajah anda.
7.     Gunakan tanaman lidah buaya untuk menghilangkan komedo. Caranya, patahkan satu batang tanaman lidah buaya kemudian oleskan lendirnya ke bagian wajah yang berkomedo.
8.     Gunakan es batu, es batu juga dapat menghilangkan komedo. Caranya, usapkan sedikit es batu pada bagian wajah yang berkomedo kurang lebih 10 menit.
9.     Gunakan putih telur, caranya campurkan sebutir putih telur dan satu sendok teh madu. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan hingga mengering. Sebaiknya cara ini dilakukan ketika anda hendak tidur, setelah itu bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat.
10.                        Gunakan kulit jeruk, kulit jeruk bisa juga digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya, kulit jeruk kita beri sedikit air, kemudian diamkan di area wajah yang berkomedo, biarkan selama satu malam.
11.                        Gunakan air putih, air putih adalah obat yang sangat mudah kita dapatkan. Air putih dapat melancarkan saluran pencernaaan dan akan membuat wajah semakin halus dan bersih, sehingga wajah terbebas dari noda komedo dan jerawat yang sangat mengganggu.
Itulah beberapa cara untuk menghilangkan komedo. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan cara-cara tersebut beberapa kali. Setelah komedo hilang, jagalah kebersihan wajah dan kesehatan anda. Hal itu dilakukan tentunya untuk menghindari komedo muncul lagi pada wajah anda.