Artikel, Trick & Tips, Tutorial, Download: TERNAK KENARI BAGI PEMULA

TERNAK KENARI BAGI PEMULA


Untuk anda yang ingin ternak kenari dan masih belum memiliki pengalaman dalam beternak. Maka disini akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan agar anda dapat beternak dengan benar.apalagi jika anda yang ingin berbisnis di bidang burung, tentunya jika anda tidak mengerti mengenai cara perawatannya akan membuahkan hasil yang buruk dan bahkan dapat merugi. Untuk itu sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini.
Usia burung kenari menjadi faktor yang penting dalam memulai budidaya kenari. Umumya indukan yang sudah siap di kawinkan untuk kenari jantan umurnya berkisar 8 bulan sedangkan untuk indukan burung kenari betina kira-kira umurnya sekitar 6 bulan. Anda harus mengetahui waktu saat kenari siap untuk di kawinkan karena jika usia kenari terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang akan di hasilkan.
ternak-burung-kenari
Dalam berternak anda wajib mengenali jenis kelamin kenari. Untuk para master kenari mungkin sangat mudah membedakan kenari jantan dan betina tapi untuk seorang pemula anda mungkin akan kerepotan dalam hal ini.
Tempatkan sangkar burung kenari menempel di dinding tujuannya agar sangkar tidak goyang-goyang. Lalu tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan jauh dari keramaian agar saat kenari mengerami telurnya tidak terganggu. Tempatkan sangkar pada daerah yang aman dari gangguan semut atau pun serangga.
Proses penjodohan kenari sedikit rumit dan sulit karena tidak semua kenari yang dijodohkan akan berhasil. Saat anda ternak kenari dari kecil dan mempunyai jenis kelamin yang berbeda kemungkinan besar anakan kenari ini sangat mudah untuk di jodohkan.
Tetapi kalau anda membeli burung kenari eceran atau misalnya anda sudah mempunyai burung kenari jantan di rumah dan membeli burung kenari betina di pasar tentunya burung kenari tersebut tidak dapat langsung bejodoh sehingga anda harus menjodohkan dahulu dengan cara menempatkan kenari jantan dan betina di sangkar yang berbeda dan kedua sangkar tersebut di letakan berdekatan. Dengan proses tersebut anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut untuk kawin.
Lakukan hal tersebut setiap hari hingga terlihat tanda-tanda sang jantan bila di dekatkan dengan betina akan mengejar atau menabrak sangkar dengan kencang dan sang betina menggelepar-geleparkan sayapnya yang berarti tanda minta kawin.
Setelah melihat beberapa tips diatas mengenai ternak kenari maka saat ini anda sudah dapat memulai untuk beternak. Pastikan beberapa tips diatas anda jalankan dengan baik.